[post_ad]

Awas, puluhan game Android disusupi virus Trojan

S.A.S - Sebuah grup berisi pakar keamanan siber asal perusahaan antivirus Rusia, Doctor Web, baru saja mengumumkan bila puluhan game yang ada di Google Play Store disusupi virus Trojan yang bisa mencuri data.
Menurut pakar Doctor Web, virus ini menyusup pada gambar yang terdapat pada file game sehingga tidak mudah terdeteksi. Virus bernama Android.Xiny.19.origin. tersebut diklaim terdapat di setidaknya 60 game Android.
Game-game yang sudah terpasangi virus ini bisa berjalan dengan normal, alhasil kecurigaan pengguna pun terminimalisir. Di sisi lain, saat game ini dimainkan, si virus Trojan akan mengumpulkan data pengguna mulai dari kode IMEI smartphone, operator seluler, negara, jenis bahasa, dan OS yang dipakai.
Lebih jauh, si virus Trojan mampu membuat aplikasi yang sudah terinfeksi menampilkan iklan yang diinginkan, termasuk menginstal atau menghapus aplikasi lain secara diam-diam apabila smartphone sudah di-root.
"Pencipta virus ini kemungkinan besar mendesain sistem pertahanan yang kerap tidak diperhatikan oleh analis keamanan siber, yakni lewat gambar," tulis pakar Doctor Web di blog resmi mereka.
Mengingat tim Doctor Web sudah melaporkan penemuan virus Trojan itu ke Google, besar kemungkinan akan ada update keamanan baru yang segera muncul di masa depan.(2307)
Previous
Next Post »